Kamis, 28 April 2016

Ingin Anak Sukses & Bahagia? Temukan Dulu Potensi Unggulnya


Rahasia Ayah Edi: Memetakan Potensi Unggul Anak. Buku ini Ambu rekomendasiin banget buat dibaca para orang tua. 

Kita pasti gak mau kan ngebesarin anak yang gedenya nanti kebingungan milih jurusan kuliahnya. Atau malah pas jalanin kuliah ngerasa "tersesat", karna ngerasa udah milih jurusan yang ternyata gak dia minatin. Ya, cerita-cerita orang yang gak kenal minat ama bakatnya tuh banyak buanget. Orang-orang kayak gini tuh kalo kerja dia gak ngerasa bahagia. Pernah nemu kan (atau bahkan diri kita sendiri) yang senengnya nunggu hari libur, trus pas hari Senin kembali cemberut dan ngerasa tertekan. Tidak bahagia.

Iya sih, bisa aja orang yang udah "tersesat" waktu kuliah kemudian nemu "jalannya" trus kerja deh di bidang yang dia minatin dan punya potensi. Tapi siapa sih yang bisa ngebayar waktu yang telah dilewati sia-sia. Ya memang, tidak ada yang sia-sia dalam menuntut ilmu, tapi coba bayangin kualitas seperti apa yang akan terbentuk jika seseorang mempelajari bidang yang sesuai potensinya sejak dini. Pastinya kualitas wahid!!


Kejadian seperti ini juga menjadi pengalaman hidup Ambu dan Aba. Di sekolah dulu, Ambu sudah belajar banyak hal yang sebenarnya tidak berdampak banyak di kehidupan Ambu kelak. Seperti Fisika, Kimia, etc... Jago juga enggak, malah ambu jadi gak punya waktu nemuin potensi unggul Ambu. Hehehe.. boro-boro mau fokus ngembangin potensi, nemuin potensinya juga enggak. Yaaa, jadinya beginilah ambu... Pengalaman Aba lebih-lebih lagi. Aba sempat jadi mahasiswa yang tersesat karena ngerasa salah jurusan. Dulu memilih jurusan tersebut karena "diminta" orang tua, akhirnya menyesal di tengah jalan.


Ya, setelah membaca buku ini pikiran Ambu jadi terbuka. Ambu dan Aba sudah memutuskan kalau anak-anak ambu dan aba tidak akan dituntut menjadi anak super. Dia tidak harus pintar segala bidang. Cukup dia pandai di satu bidang. Nah di bidang itulah yang perlu Ambu dan Aba pupuk. Bakalan disokong deh sekuat-kuatnya. Semangat!!! Hehehe.... Amiin, mudah2an bisa istiqomah.

Duh aleeya seneng banget nih manjat2 ini, apa mau jadi atlet senam yah? Hihihi.....
Selain ngembangin potensi anak, yang paling penting tuh ambu dan aba harus bisa ngebimbing anak supaya bisa menghayati moral dan agama. Trus, dia juga harus bisa mandiri. Sudah. Itu saja. Selebihnya, anak diajak belajar bahasa asing, berolahraga dan berkesenian, tapiii jika potensi unggulnya tidak di sana ya gak usahlah jor-joran. Bahasa asing dilatih supaya anak punya alat buat ngembangin wawasan. Bisa buka kesempatan belajar di luar negeri, misalnya. Jadi kalo mau pelajari hal yang dia minatin nanti gak kepentok ama bahasa. Trus olahraga sekedar buat ngebiasain pola hidup sehat aja, dan kesenian hanya buat ngasih stimuli ke anak supaya punya sensivitas terhadap keindahan.

So, buat ambu dan aba, nyari potensi unggul anak kita sendiri tuh perlu banget. Supaya nanti anak bisa tumbuh jadi yang terbaik di bidangnya sekaligus bahagia ngejalaninnya. Tapi emang ambu akui, nyari potensi unggul anak tuh pastinya bukan perkara mudah. Ini PR ortu banget. Banyak yang harus dilakukan, dan salah satunya bisa dengan membaca buku ini terlebih dahulu. 

Buku ini enak dibaca lho karena pake bahasa tutur. Untuk nyelesein buku ini, ambu cuma butuh waktu beberapa jam aja menjelang tidur. Isinya juga menarik. 


Di buku ini, Ayah Edy menyebut anak-anak adalah “bibit” yang akan tumbuh menjadi pohon. Bibit jenis apa, tidaklah diketahui ketika anak-anak lahir. Untuk itu penting banget bagi orang tua buat nyari potensi anaknya dan kemudian ngebimbing anaknya itu supaya bisa ngembangin potensinya. Jadi gak ada tuh ibaratnya “pohon mangga” yang dibesarin bagaikan “pohon durian”, atau “pohon durian” yang dipaksa jadi “pohon rambutan”. Ya memang, seseorang yang “berbibit” pengacara bisa aja jadi akuntan. Atau, seseorang yang “berbibit” penari bisa aja dididik jadi dokter. Tapi mereka gak bakalan jadi yang terbaik. Mereka bakal jadi akuntan yang nanggung, atau dokter yang nanggung.

Lalu, gimana nih caranya supaya orang tua bisa memetakan potensi unggul anaknya? Caranya ialah dengan ngasih stimulus sebanyak mungkin. Kasih anak pengalaman dan wawasan sebanyak-banyaknya. Baik pengetahuan mengenai berbagai profesi, ataupun pengetahuan mengenai berbagai bidang. Stimulus ke anak juga bisa lewat tayangan kartun, dateng ke pameran2, nonton pertujukan seni, nemuin orang dengan berbagai profesi, dan banyak lainnya. Dari sana orang tua bisa ngenalin minat dan bakat anaknya. 


Minat dan bakat itu dua hal yang berbeda ya. Jika anak  minat pada suatu hal, bisa jadi bukan karena ia punya bakat, tapi karena dipengaruhi lingkungan. Nah, kalo anak emang ada bakat, biasanya anak itu juga akan minat pada bidang itu. Minatnya itu biasanya gak gampang kandas cuma gara-gara nemuin kesulitan. Jadi, amati betul minat dan bakat anak ya. Mana yang bener-bener jadi potensi unggulnya. Untuk ngebantu orang tua, di dalam buku ini Ayah Edy ngasih panduan tabel dan langkah-langkah yang detail untuk memetakan potensi unggul anak.


Berdasarkan pengalaman Ayah Edy, bakat dan minat anak itu bisa ditemuin di usia yang gak sama. Biasanya, kalau dibimbing, potensi unggul anak mulai keliatan waktu anak umur 13-14 tahun atau waktu duduk di bangku SMP. Semua tergantung bagaimana orang tua membimbing anak ketika ngasih stimulasi. Ayah Edy nyimpulin, orang tua yang demokratis dan aktif berdialog dengan anak akan lebih cepat lho dalam menemukan potensi unggul anak.


Setelah nemu potensi unggul anak, buat life plan (rencana hidup) anak bersama anak yang bersangkutan, jadi anak juga ikut terlibat ngerencanain hidupnya sendiri. Bimbing anak supaya punya cita-cita setinggi-tingginya. Pokoknya jangan ragu, karena jika seseorang ngembangin potensi unggulnya secara maksimal, dia tuh bakalan punya kualitas kelas dunia di bidangnya itu. Jangan pula ngeremehin jenis potensi anak. Catet, gak ada potensi yang buruk, karena yang terpenting ia menjadi yang terbaik di bidangnya. Kalau sudah begitu, maka ia akan memberi manfaat kepada banyak orang dan dirinya sendiri. Lalu, gimana nih sama uang? Ah, kalau sudah mencapai titik ini sih kesejahteraan secara finansial pasti bakal ngikutin.


Soal ini Ayah Edy cerita, di negara maju dia pernah mengunjungi sebuah TK. Saat itu anak-anak lagi nyeritain cita-citanya masing-masing. Si ibu guru selalu memuji "luar biasa" buat semua cita-cita, bahkan ke anak yang punya cita-cita jadi sopir truk dan petugas kebersihan sekalipun. Penasaran, Ayah Edy pun nanya ke gurunya, kok bisa gitu. Si guru trus ngejelasin, apapun bidang profesi itu gak jadi soal, tapi yang terpenting adalah menjadi yang TERBAIK. Si guru nanya, "tahukah anda kenapa negara ini bersih tidak ada sampah berserakan? dan tahukah anda kalau salah satu orang terkaya di kota ini adalah tukang sampah yang mengelola pembuangan sampah kota?" Wow, Ayah Edy dibilangin gitu merasa malu katanya.


Begitulah buku ini menginspirasi sekali deh... makanya baca ya... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar