Menu

Rabu, 04 Mei 2016

Membawa Batita (Al) ke Bioskop

Al di dalam ruang bioskop
Punya anak tuh bikin hubungan sepasang sejoli gak lagi sama dibandingin waktu masih berdua. Begitu juga yang terjadi sama ambu dan aba. Susah banget punya waktu buat jalan-jalan, buat seneng-seneng, apalagi kalau pengen berduaan aja... (cieee...)..

Ini kerasa banget waktu anak masih bayi, lebih2 lagi kalo itu anak pertama. Wuih... dulu, waktu ambu-aba masih baru banget jadi orang tua, kita berdua fokuuuus banget ngurus anak. Jadinya tuh ambu-aba agak ngelupain kesenangan buat diri sendiri. Sebenernya itu gak baik. Manusia kan butuh penyegaran, tapi yah, namanya juga sayang anak. Apalagi kita juga harus ngadepin keadaan yang nguras perhatian banget. Jadi, ambu-aba tuh kudu ngasuh Al berdua aja tanpa asisten rt. (Sempet sih punya art, tapi cuma sekitar 4 bulan aja, trus nyari lagi susah bo...!). Kita juga, dengan kondisi yang ada, gak bisa ngarep ortu ngasih banyak bantuan buat ikut ngasuh anak. Belum lagi Al termasuk bayi full asi, jadi nempel terus sama ambu.

Selepas umur setahun Al kan udah mulai berkurang enen-nya... Lama2 ambu aba jadi kangen juga pengen seneng2 berdua. Misalnya pengen nonton ke bioskop. Ambu, apalagi aba kan suka banget ama nonton. Nah, jadilah beberapa kali aleeya ambu titip ke Oma, supaya ambu-aba bisa hang-out berdua. Lagian kalo mau bawa Al juga kan masih kecil banget. Ambu juga takutnya Al bakal rewel di dalem.

Sampe saat ini sih baru 3 kali dititipin ke Oma. Perginya juga gak bisa lama2, palingan 4 jam. Cuma bisa nonton plus makan aja. Hehehe ..., tapi segitu juga Alhamdulillah... yang penting bisa refreshing..

Tapiii, hari ini ada yang lain. Barusan ambu bilang ke aba pengen nonton Capten America: Civil War. Aba sih sebenernya kurang antusias ama film ini (menurut perkiraan aba, filmnya gak bakalan sebagus gembar-gembornya)... tapi aba mau2 aja sih nonton nemenin ambu.

Nah, karena rencananya dadakan, kita putusin kali ini gak nitipin Al ke oma. Takutnya oma lagi sibuk, trus hemat waktu juga, gak harus bolak-balik ke tempat Oma.

Ngajak Al, yang usianya masih 2 tahun kurang dikit, Ambu sebenernya agak khawatir. Apa bisa ya Al anteng. Ambu juga kepikiran ama suara bioskop yang jegar-jeger. Duh, harusnya ambu sediain penutup kuping. Kasian kupingnya Al. Gitu pikir ambu.
Al dan aba lagi liat poster film di area bioskop 
Alhamdulillah, sepanjang film tayang Al cukup anteng. Nah, berdasarkan pengalaman ambu, ambu mau kasih tips buat para ortu yang "terpaksa" ngajak batita ikut nonton ke bioskop.
  1. Pastiin anak kenyang sebelum masuk ke bioskop. Anak yang laper pasti rewel di dalem. Kalo bisa makannya sesaat sebelum nonton. Nonton film kan durasi lama, kalo perutnya gak penuh bisa2 keburu laper di tengah film.
  2. Meskipun anak udah kenyang, tetep sediain camilan dan air minum buat anak. Kalo anak masih menyusui, bawa juga susunya. Kalo full asi kayak Al ya tinggal susuin aja pas anak pengen. Tenang, bioskop kan gelap. Penontonnya juga fokus liat ke depan. Kebuka sedikit masih aman kok... hehehe...Oh ya, beberapa bioskop kan ada aturan gak boleh bawa makanan dari luar, saran ambu bilang aja kalo itu bekel buat anak di dalem bioskop. Bawaannya juga yang masuk akal ya buat anak. Misalnya kue marie, susu kotak, atau air mineral. Itu kan wajarlah...
  3. Sediain selimut bayi. Di beberapa bioskop AC-nya tuh kadang2 kenceng banget. Biar anak gak kedinginan, kita selimutin selama di dalam bioskop. Tapi kalau dirasa jaket udah cukup, ya gapapa sih jaket juga.
  4. Sediain pelindung kuping (earmuffs) yang bentuknya kayak headphone. Ada earmuffs khusus untuk bayi/anak yang fungsinya khusus redam suara yang kenceng. Nah, tadi karena gak punya pelindung kuping (kebangetan deh ambuuu), ambu sama aba jadinya gantian nutupin kuping aleeya. Kupingnya tuh dialasin selimut dulu, trus ditahan sama telapak tangan. Ditutupinnya pas adegan2 berantem aja, yang emang dikasih efek suara yang kenceng.
  5. Seanteng2nya anak di bioskop jangan punya ekspektasi bakalan tenang adem tentrem sepanjang film. Tadi Al juga duduknya pengen pindah2. Bentar2 pengen ke aba, trus pengen ke ambu lagi. Udah itu pengen duduk di lantai, abis itu pengen berdiri aja. Belum lagi Al bawa2 majalah anak yang baru dibeli, trus berapa kali minta dibacain ke aba. Hihihi, padahal gelap gitu, gimana bisa bacanya. Untung minta dibacainnya ke aba doang, jadi bukan ambu yang kehilangan banyak part nonton filmnya.... Hahaha...
  6. Kalo mau nonton bareng anak, pertimbangin kategori filmnya. Jangan pilih film dewasa. Takut efeknya gak bagus buat anak. Misalnya terlalu brutal, terlalu horor, atau ada adegan seks. Emang sih, Captain America juga buat remaja, harusnya gak boleh ya bawa Al, kan ada aksi berantem2nya... Hihihi... maafkan ya Al... tapi syukur Al mah gak fokus nontonnya. Lain kali ambu-aba ajak nonton film kartun aja.
  7. Kalo gak karena kepaksa banget, mendingan gak usahlah bawa anak, khususnya yang masih batita ke bioskop. Kasian sama anak sebenernya. Pertama, karena cahaya layarnya terlalu terang. Bisa bikin anak silau. Kedua, suara bioskop yg maha dahsyat (terutama pas lagi laga aksi alias berantem), takutnya volumenya terlalu berlebih buat telinga anak...
Nah, begini nih pelindung telinga alias earmuffs, tapi pilih yang buat redam suara ya, bukan yang buat angetin kuping kayak di foto ini... hehehe
Ok deh segitu aja ya tips dari ambu. Mudah2an bermanfaat. bye-bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar